Jumat, 23 Maret 2012

bikin blog yang enak di mana ya?

Bikin blog yang enak di mana ya? dunia belajar

“Bikin blog yang enak di mana ya?”
Pertanyaan tersebut diajukan oleh Tommy Palgunadi (nama beliau sengaja Saya tulis dengan harapan suatu saat nanti bisa Saya edit, langsung di-isi link, begitu di-klik langsung nyampe’ ke blog beliau tanpa ongkos kirim. Aamiin! :D) tadi siang, yang kebetulan juga menjadi pertanyaan Saya bertahun lalu saat ingin membuat blog. Karena itu Saya juga akan menyebut nama Rica Safitrie, Ifan Sujianto Saida, Arief Wahyu Candra Susilo, dan Siti Nurhayati Dewi untuk Saya edit juga namanya suatu saat nanti :p
Posting ini juga Saya dedikasikan untuk teman masa kecil Saya, Bunda Raihan, yang tetap seperti dulu yang Saya kenal. Mariatul Kiftiyah. Bunda gaul yang selalu crunchy dan menyenangkan, dan yang terpenting, alhamdulillah sudah punya blog. :p

Saya pernah membuat blog di wordpress, blogspot, dan multiply. Blogspot menurut Saya yang paling tepat buat tulisan-tulisan Saya. Bukan berati yang lain jelek, ini bukan masalah jelek atau bagus. Tepat seperti pertanyaan Tommy Palgunadi tadi, yang enak dimana. Karena semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan dan sebaiknya kita memilih yang nyaman buat kita.

Dari berbagai sumber hasil blog-walking, hanya dua yang menjadi perhatian khusus Saya, Blogspot dan Wordpress, karena dua blog hosting ini yang Saya pertimbangkan menjadi blog hosting. Meskipun banyak sekali blog hosting lain. Kedua blog hosting ini sangat populer, sehingga (Saya pikir) Saya tidak akan susah nyari wangsit di Mbah Google jika suatu saat Saya mengalami kesulitan dengan blog Saya dan ingin share dengan blogger yang lain. Faktor lainnya adalah, sebagai newbie, blogspot dan wordpress memiliki tampilan yang praktis. Motto hidup Saya adalah, “Kalo ribet mending ga usah!” :p Hal ini juga berlaku untuk kegiatan ng-blog Saya.

Bermacam-macam Jenis Blog Hosting dunia belajar

Dari tampilan awal, atau dashboard istilahnya, wordpress lebih unggul. Kategori setting di wordpress dibuat berdasarkan item masing-masing. Blogger bisa langsung mengerti fungsi bin maksud dari settingnya. Kalo di blogspot, linknya terdiri dari beberapa item sehingga kita harus hafal menu dan item di blogspot (pengguna blogspot ga boleh pikun ya? :p).

Tampilan Dashboard dari Blogspot

Membuat blog di blogspot juga sangat mudah (dan murah karena gratis, Anda cukup isi pulsa untuk internet saja) karena hanya terdiri atas 3 langkah. Mengenai langkah membuat blog di blogspot (rencananya) akan Saya terbitkan pada posting selanjutnya. Tapi jangan terlalu berharap, siapa tahu Saya berubah pikiran :D

Serba Unlimited. Pada blog di blogspot kita mendapatkan unlimited bandwith (tanpa batas bandwith), Unlimited hosting space (tanpa batas hosting), Unlimited access (akses tanpa batas terutama akses kode HTML theme). Untuk pengguna wordpress versi free hanya di beri space 3 GB, begitu juga dengan kita yang menggunakan layanan self hosting, juga akan di batasi space dan bandwithnya tergantung web hosting. Saya tahu info ini dari www.duniabelajarblog.com, bukan karena Saya canggih :D

Dalam blogspot kita bisa melakukan banyak hal tanpa perlu penguasaan bahasa pemrograman yang antik itu. Untuk memunculkan macam-macam widget yang oke misalnya, layanan widgetnya Empus (kucing Saya, satpamnya blog Saya) yang ada di sebelah kiri tulisan ini, kita tidak perlu susah-susah membuatnya sendiri. Tapi tinggal copy paste kodenya dari pihak penyedia kode.

Blogspot juga bagus untuk orang yang suka ngoprek tema. Kelemahan dari pada WordPress adalah jika kita mau mengoprek tema, maka kita harus upgrade dulu ke premium, dan itu membuat kita mengeluarkan biaya, berbeda dengan blogspot, mau diapakan terserah kita. Jadi kalau Anda punya penyakit bosan menahun, sudah akut dan tidak tertolong lagi seperti Saya, sebaiknya memilih blog hosting blogspot saja.

O iya, salah satu yang terpenting adalah, blogspot lebih cepat aksesnya daripada wordpress. Saya masih punya blog di wordpress lho, www.aminahsriprabasari.wordpress.com, tapi blog tersebut baru berisi 1 posting. Saya terpikat (lagi) dengan blogspot. :D Apa hendak di kata, akses yang cepat adalah salah satu faktor penting dalam membina hubungan (ngemeng epeh! :p).

Selamat bikin blog! Jangan lupa kabari Saya kalau Anda sudah punya blog ya! ;)  

5 komentar:

  1. sama. sukaan di blogspot. user friendly dan serbagratis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Em, blogspot ga ribet. sempet bingung wkt ada versi baru itu, untung ada Mbah Google :D

      Hapus
  2. meski diriku udah punya blog, tapi mbok ya di tulis pisan jenengku...hahahahhahaaa #edisi ngiri.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wis ta'taruti Bun, dowo pisan kalimate-e, hahaha..
      ojo sampak ponakanku nti jd nge-ces ae goro2 ibu'e pengen ditulis di blog tp ga keturutan, qiqiqi

      Hapus
  3. Visit juga akukurangwaras.blogspot.com kakaa haha

    BalasHapus